FUNGSI DAN STRUKTUR HAPE

STRUKTUR Handphone
16 05 2008

Struktur Handphone terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu :

- Hardware atau perangkat keras adalah semua komponen ponsel secara fisik

- Software atau perangkat lunak adalah system ponsel yang berupa program dan data yang tersimpan dalam komponen ponsel dan yang tertampil pada layar LCD.

Kedua komponen ini saling berkaitan satu dengan yang lain, Hardware pada ponsel tidak akan berfungsi bila tidak ada software begitu pula sebaliknya.

Perangkat Hardware terdiri dari :

1.Komponen Tenaga : Baterai, IC power, IC charging, transistor, regulator

2.Komponen Penyimpan Data : IC Flash, IC ram, MMC

3.Komponen Pengatur/pengolah : IC CPU, IC Audio, IC RF

4.Komponen Sinyal : VCO, Crystal 26 Mhz, PA, Swicth Antena

5.Komponen Input : Keypad, Plugin, mic

6.Komponen Output : LCD, speaker, buzzer

Software terdiri dari :

1. MCU

Berisi data program system utama untuk menghidupkan ponsel, apabila data MCU mengalami kerusakan ponsel akan nyala lalu mati (restart), hang (berhenti beroperasi) atau mati sama sekali.

2. PPM

Berisi data program menu seperti bahasa, profil, pengaturan dan lainnya yang semuanya tertampil pada layar LCD, apabila data PPM rusak maka ponsel akan mengalami kerusakan seperti hang (berhenti beroperasi) atau pada layar LCD hanya tampil sebagian menu atau tidak ada tampilan sama sekali (blank).

3. CONTENT

Berisi data galeri seperti gambar, nada dering dan game, apabila terjadi kerusakan akan terjadi hilangnya sebagian atau seluruh data galeri ini, pada beberapa merk atau type ponsel data content disatukan dengan data PPM

4. PM (Permanen Memory)

Berisi data kode informasi produk, kode pengunci operator, pengunci kartu sim, dan data pengaturan ponsel yang berbeda pada setiap model ponsel, apabila terjadi kerusakan akan membuat ponsel hilang sinyal, pada layar LCD tertulis kartu sim ditolak, sim not valid, phone restricted dll.

Software ponsel juga dinamakan FIRMWARE. Tidak semua merek ponsel menggunakan 4 file terpisah seperti diatas, hanya sebagian besar ponsel Nokia (DCT4) yang menguraikannya, ada ponsel yang hanya menggunakan 1 (satu) file saja, selebihnya biasanya terdiri dari 2 atau 3 file. Semua data firmware ini hanya dapat diisi melalui komputer menggunakan alat service handphone kecuali content karena dapat diisi atau ditambah juga melalui ponsel lain atau dari media lain seperti internet, yang dapat diakses pengguna ponsel hanya pada bagian PPM dan Content kecuali pada ponsel yang menggunakan system operasi seperti symbian, windows; pengguna dapat mengakses hingga data MCU dan PM langsung melalui ponsel tanpa perangkat komputer.


OK COYY

NTAR DI TAMBAH LAGI MOGA BERMANFAAT



OM BUUUUUD

0 komentar: