PAHAMI DIAGRAM PONSEL

Memahami Skema Diagram Ponsel


Tanpa skema diagram atau tidak memahami skema diagram seperti orang buta jalan-jalan ke kota jakarta tanpa penuntun jalan. Sama halnya dengan mesin ponsel yang sangat rumit, tentunya akan sangat sulit disaat mereparasi ponsel dalam pemetaan kerusakannya, bisa-bisa tanpa bantuan skema diagram bukannya ponsel menjadi lebih baik melainkan malah tambah rusak! Baiklah, tentunya anda dengan membaca buku ini ingin menjadi teknisi yang handal, maka materi ini akan sangat perlu di pelajari dengan matang. Dibawah ini terdapat contoh skema diagram yang sederhana. Bila anda yang telah memahami skema diagram, tentu akan paham fungsi dari rangkaian ini.

Dengan skema diagram kita akan dapat mengetahui jalur yang terdapat pada mesin ponsel yang sangat rumit dan kecil bahkan jalur tersebut tidak dapat terlihat langsung. berbeda dengan elektronika lainnya, dimana jalur-jalurnya akan mudah kita pahami karena sangat terlihat jelas dengan jalur-jalur yang besar dan hanya mempunyai satu lapisan jalur. Berbeda dengan mesin ponsel dimana jalur-jalur mesin ponsel sangat kecil dan rumit bahkan jalur tersebut tidak dapat terlihat secara langsung, walaupun bila kita lihat mesin ponsel seperti hanya mempunyai dua lapisan jalur (depan dan belakang), tentu tidak! mesin ponsel mempunyai banyak lapisan yang di susun sedemikian rupa, bahkan mesin ponsel mempunyai hingga 6 lapisan jalur. Tentunya dapat anda bayangkan, dengan komponen sebanyak itu dan sangat kecil akan di hubungkan satu sama lain dijadikan satu rangkaian yang sangat rumit, padahal PWB (papan mesin) sangat kecil dan dibatasi ukurannya agar ukuran ponsel tidak menjadi besar. Tentunya dibutuhkan jalur yang bukan hanya 1-2 lapisan jalur melainkan lebih dari 6 lapisan agar jalur-jalur terbut tidak membutuhkan lahan (area) yang luas.

Sangat sulit sekali untuk mengetahui jalurnya bila tanpa bantuan skema diagram, oleh karena itu skema diagram akan sangat membantu dalam mereparasi ponsel, dengan skema diagram kita bukan hanya mengetahui jalurnya saja melainkan kita dapat mengetahui jenis komponen dan nilai satuan komponennya, seperti: nilai resistor, kapasitor, type IC, dll. Fungsi lain dari skema diagram kita akan dapat mengetahui tata letak komponen yang akan memudahkan kita untuk memetakan suatu sistem dan pemetaan kerusakan pada mesin ponsel.

Dengan skema diagram kita akan dapat mengganti suatu komponen dari ponsel kanibal, misalkan kita mempunyai ponsel 6680 yang harus diganti resistornya, dengan skema diagram kita dapat mencari persamaan komponennya dari type ponsel yang berbeda dengan cara mengetaui nilai resistor tersebut. Walaupun di badan komponen resistor tidak terdapat kode atau pernyataan nilai resistansinya, maka dengan skema diagram kita akan dapat menggetahui nilai komponen yang akan digunakan.

Ada terdapat banyak sekali skema diagram yang telah tersedia, tentunya satu skema diagram hanya berlaku untuk satu type ponsel saja. Akan tetapi bila anda telah menguasai satu type skema diagram ponsel saja, maka anda akan dengan mudah untuk mempelajari skema diagram yang lainya.

Agar anda dapat memahami skema diagram, maka anda harus mengenali: simbol komponen, persimpangan jalur, penempatan komponen/layout komponen. Baiklah sekarang kita mulai kenali simbol komponennya terlebih dahulu:

OK COY SEMOGA BERMANFAAT
OM BUUDD

2 komentar:

Rahmat Fauzi mengatakan...

Mana skemanya

Rahmat Fauzi mengatakan...

Mana skemanya