Mengetahui & Menghindari Momok Menakutkan iCloud Activation Lock iOS 7


Sejak Apple merilis iPod pada awal tahun 2000, perusahan ini mulai membuat segala perangkat keras atau lunak buatannya saling terkait. Sebagai contoh kamu memerlukan iTunes untuk melakukan manajemen konten yang ada di iPod, iPhone dan iPad. Hal ini terus berkembang hingga sekarang, dimana era komputasi awan semakin marak berkembang.

Salah satu rilis awal layanan awan dari Apple adalah akun MobileMe yang dulu dibuat berbayar dan memiliki kapasitas penyimpanan online. Layanan itu sendiri sudah diganti dengan iCloud yang hadir lebih kompleks, dan terintegrasi dengan seluruh perangkat iOS dan Mac (juga PC Windows dengan iTunes).

Namun di iOS 7, ada yang berbeda dari iCloud. Apple menambah fitur keamanan baru yang fungsinya mengamankan, tapi menyebalkan bagi sebagian orang. Fitur itu bernama iCloud Activation Lock.


iCloud Activation Lock, Mengamankan Sekaligus Menakutkan


Pada iOS 6 atau sebelumnya, orang yang tidak berwenang bisa saja menghapus akun Find My iPhone atau mengganti akun iCloud kamu dengan mudahnya. Tapi di iOS 7, mereka tidak punya kesempatan yang sama. Hal ini berkat implementasi iCloud Activation Lock yang secara sederhana, bisa diartikan sebagai pelindung bagi iPhone kamu apabila hilang.

Kenapa mereka tidak bisa menghilangkan jejak dengan mudah karena hadirnya iCloud Activation Lock? Ya jelas, ini karena perangkatmu akan meminta mereka mengisi username dan password Apple ID yang sudah kamu daftarkan sebelum proses Erase All Contents & Settings, Delete iCloud Account dan saat Aktivasi Perangkat.
Bagi pemilik iPhone, iPad dan iPod touch tentu saja fitur ini bersifat membuat aman tapi, bagi para pembeli perangkat iOS bekas, hal ini menjadi momok yang menakutkan. Bagaimana tidak? Jika fitur tersebut masih aktif, pembeli tidak akan bisa melakukan banyak hal dengan perangkatnya. Untuk apa jadinya beli perangkat iOS jika kita tidak bisa menikmati fitur-fitur yang diberikan Apple?

Tim MakeMac sendiri memantau aktivitas jual beli di berbagai forum dan komunitas pengguna Apple beberapa bulan terkait masalah iCloud Activation Lock. Beberapa pembeli perangkat iOS bekas pakai mengalami kendala saat menerima barang tersebut karena pemilik lama tidak menghapus akun mereka sebelum menjual. Memang jika kasusnya seperti ini, pembeli bisa saja berkomunikasi dengan penjual untuk meminta mereka melakukan sign out atau menghapus perangkatnya dari Find my iPhone tapi, ada saja oknum jahat yang menjual perangkat iOS dengan kondisi akun iCloud pengguna lama masih tertinggal, karena mendapatkan perangkat tersebut dengan cara yang tidak benar. Bagi para konsumen yang membeli iPhone bekas dengan kondisi seperti ini, siap-siap saja jika pemilik aslinya melakukan remote lock dari jauh.

Penting sekali memperhatikan keberadaan fitur ini. Kamu tidak boleh membeli iPhone, iPad dan iPod touch yang fitur Activation Lock nya masih dalam kondisi aktif. Non-aktifkan terlebih dahulu baru membelinya dan jika penjualnya tidak bisa melakukan hal tersebut, jangan beli perangkat iOS darinya.


Menghindari Masalah iCloud Activation Lock


Selalu ada solusi yang bisa kamu lakukan supaya terhindar dari masalah iCloud Activation Lock ini. Ikuti langkahnya di bawah:

Jangan pernah tergiur dengan harga iPhone, iPad atau iPod touch yang tidak wajar. Apabila wajar, kamu harus tetap memperhatikan kondisinya.
Bertemu dengan sang penjual dan melihat langsung kondisi barang adalah hal terbaik. Namun bila hal ini tidak memungkinkan, kamu bisa meminta tolong teman atau kerabat.
Tanyakan perihal iCloud Activation Lock; Apakah ia sudah menghapus akun iCloudnya dari perangkat, dan apakah ia sudah melakukan hapus perangkat di iCloud.com > Find My iPhone. Perlu diingat bahwa menghapus akun iCloud saja di perangkat tidak cukup untuk menon-aktifkan iCloud Activation Lock, perlu melakukan hapus perangkat di iCloud.com > Find My iPhone supaya fitur ini benar-benar mati.
Apabila hal-hal di atas belum dilakukan, minta sang penjual untuk menghapus akun iCloud miliknya dari perangkat iOS dengan langkah sebagai berikut:
Di perangkat iOS buka aplikasi Settings > iCloud > Find My iPhone > off
Logout iCloud dari aplikasi Settings > iCloud > Delete Account
Buka iCloud.com dari peramban di komputer, login menggunakan Apple ID lalu pilih icon Find My iPhone. Pilih perangkat iOS yang akan dijual dari list di halaman tersebut lalu pilih Erase iPhone
Reset iPhone dengan cara buka aplikasi Settings > General > Reset > Erase All Content and Settings atau lakukan restore lewat iTunes.
Apabila penjual tidak bisa mengabulkan permintaanmu untuk sign out akun iCloud miliknya, tinggalkan saja, ia bukan pemilik aslinya

Apabila penjual sudah melakukan tahapan-tahapan di nomor 4, harusnya proses sign out iCloud sudah selesai tapi untuk memastikan, lakukan satu hal lagi untuk memeriksa keberadaan iCloud Activation Lock:

Koneksikan iPhone, iPad atau iPod touch dengan iTunes
Apabila iCloud Activation Lock masih aktif, akan muncul halaman untuk mengisi username dan password Apple ID iCloud terdaftar, tapi apabila sudah terbebas, halaman ini tidak akan muncul

Hanya untuk memastikan.


Akhir Kata


Harus cermat sebagai pembeli, dan harus mulia sebagai penjual. Jangan membeli perangkat iOS hasil curian dan penjual, jangan berusaha mengelabui pembeli dengan tetap mengaktifkan fitur iCloud Activation Lock.

Fitur ini wajib dipahami dan diceritakan ke banyak pengguna iOS. Jangan sampai maksud baik Apple untuk melindungi perangkat kita dari tangan-tangan jahat, malah berbalik menyerang kita dan akhirnya membuat pengalaman kita dengan Apple buruk.

Salam Fanboy Apple…!

link by : http://www.makemac.com/mengetahui-menghindari-momok-menakutkan-icloud-activation-lock-ios-7/

0 komentar: