Tutorial membuat Tema Sendiri "mengetahui String iTunesMetadata.plist" untuk iOS Jailbreak



Apakah membuat tema juga diperlukan sebuah kode baca ?

Buat kamu yang suka membuat tema sebagai tampilan Home Screen pada iPhone, pasti bertanya - tanya bagaimana tema tersebut bisa bisa terbaca oleh "Winterboard".
Winterboard adalah sebuah tool atau apalikasi pihak ketiga yang tidak bisa kalian dapatkan dari AppStore, karena tool ini bisa juga disebut sebagai sebuah mesin yang menjalankan tema baik yang kalian buat sendiri maupun yang kalian unduh dari Cydia.

Tutorial ini adalah untuk mengetahui atau bagaimana icon - icon tersebut dapat dikenali atau terbaca sebagai tampilan untuk Home Screen atau Tema dari salah satu Aplikasi yang terangkum dalam satu paket.

Penjelasannya :
Sebagai contoh, saya akan memberikan sebuah tema dari repo http://cydia.myrepospace.com/koboikibot, yaitu WhatsApp Biru, yaitu mengubah tampilan aplikasi WhatsApp. Cara ini adalah supaya kamu tak perlu lagi membuat tema secara manual. Jadi poin ini adalah supaya tema bisa berinteraksi dan terbaca oleh Winterboard.

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah :

1.Sambungkan iPhone anda dengan Komputer.
2.Buka iFunbox, iPhone Folder atau Disk Aid dari Komputer anda.
3.Pilih salah satu dari Aplikasi yang mau anda modifikasi atau anda ganti iconnya, klik User Applications. Sebagai contoh buka Aplikasi WhatsApp.
4.Buka text "iTunesMetadata.plist" dengan Notepad
5.Cari String label seperti ini : net.whatsapp.WhatsApp
6. Kemudian cari icon dari WhatsApp didalam Aplikasi tersebut yang berukuran "120 x 120 ". Icon tersebut biasanya dengan nama
"Icon@2x.png". Namun tidak semua aplikasi menggunakan nama icon@2x.png ada pula yang menggunakan nama "app-icon-120.png" tergantung dari Script metadata atau string yang digunakan oleh pengembang, semacam kode bahasa pemrograman.


Nah, jika anda sudah menemukan String atau sebuah kode kepemilikan dari pengembang Aplikasi, saatnya anda membuat tema yang akan terbaca dan tampil pada Home Screen maupun paket dari dalam Aplikasi anda sendiri.

Bagaimana caranya :

1. Siapkan dahulu sebuah Folder dari Komputer anda
2. Folder dan Sub Folder tersebut beri nama sebagai contoh saja : WhatsApp Test/Bundles/net.whatsapp.WhatsApp ( seperti gambar berikut )
3. Untuk poin nomor 3 ini ( objectif ), buatlah icon atau tema menurut selera anda masing - masing. Jika anda sudah menyiapkan icon untuk tema, silahkan anda masukkan icon kedalam sub folder net.whatsapp.WhatsApp. Ingat nama dari icon yang telah anda buat tadi harus berukuran "120x 120px" dan beri nama icon tersebut "Icon@2x.png", sekali lagi nama dari icon ini setiap aplikasi mempunyai nama yang berbeda.
4. Jika sudah selesai, Copy Folder dari tema "WhatsApp Test" kedalam iPhone anda yaitu dengan cara menggunakan iFunbox, Paste ke : Libary/Themes/
6. Sekarang buka Winterboard dari iPhone anda, cari tema "WhatsApp Test" tersebut sudah muncul atau belum. Jika Sudah silahkan anda Apply atau centang lalu back dan respring.
7. Sekarang lihat hasil dari icon yang anda buat, berhasil ? :)

Cara diatas mungkin sedikit ribet, meskipun sekarang banyak tema bertebaran di Cydia, semua sesuaikan saja dengan selera anda masing-masing. Namun tutorial untuk mengetahui kode tersebut supaya anda bagi pemula pemakai iPhone agar tidak penasaran lagi. :)

Note :
Untuk kode string yang akan anda jadikan tema anda tidak harus menggunakan Folder, bisa langsung rename atau mengubah nama dari icon, seperti ini misalnya : net.whatsapp.WhatsApp@2x.png

Seperti icon AppStore misalnya, yang anda ubah baik sebagai folder maupun root folder yaitu dengan nama com.apple.Appstore@2x.png atau jika menggunakan Folder cukup anda buat folder com.apple.Appstore dan untuk iconnya dengan nama Appstore120.png
com.xxx.ID


Jika anda langsung menggunakan root folder tanpa harus membuat sub Folder, maka yang perlu anda perhatikan adalah icon di dalam Bundles, jadi nanti Sub Folder yang anda buat misalnya seperti WhatsApp tadi, menjadi WhatsApp Test\IconBundles. Dan untuk icon ubah menjadi nama " Icon@2x.png "

Tutorial diatas adalah supaya anda tak perlu lagi memodifikasi secara manual, artinya tema yang anda buat dalam satu paket bisa anda lekatkan pada Winterboard. Juga anda tak perlu lagi mengahapus, memasang ulang dan menghapus lagi secara manual icon tersebut untuk diganti icon buatan anda.

I hope you understand, what i mean. :) Selamat berkreasi

0 komentar: