HARDWARE : BAGIAN 1



Pembahasan berikut ini, adalah lanjutan dari bagian I Perbaikan Hardware telepon seluler yang merupakan langkah awal sebagai dasar untuk menjawab tawaran terakhir yang diberikan pada anda, lihat bagian pertama
Keyakinan kami anda akan bisa terampil jika; memiliki tekad dan kemauan yang tinggi, disamping anda menguasai dasar-dasar elektronika dengan baik (artinya…anda selalu aktif saat praktek setiap mata kuliah).
Uraian tips dan pengetahuan yang akan kami urai tiap bagian artikel ini adalah sebagian kecil dari motivasi anda untuk menuju sukses sebagai teknisi ponsel yang profesional. Dan kunci utamanya adalah; seberapa besar kemauan anda.

Prosedur Perbaikan Hardware
Sebelum melakukan perbaikan yang lebih ekstrim seperti mengganti komponen, maka anda harus melakukan langkah-langkah di bawah ini:
1. Pastikan semua pengaturan program ponsel sudah benar.
2. Tegangan Battrey harus ada pada batas maksimum (3,7 Volt). Bila tegangan battery kurang maka anda harus mengisi terlebih dahulu battreynya dengan menggunakan Desktop Charger.
3. Pastikan komponen external tidak bermasalah, bila komponen external bermasalah maka anda harus mengganti terlebih dahulu.
4. Pastikan semua koneksi komponen-komponen external terhubung dengan sempurna. Bila koneksinya tidak baik maka anda harus memperbaiki koneksinya terlebih dahulu dengan cara menaikan kembali pin/kaki komponen externalnya atau memberikan sedikit timah pada interface PCBnya.

5. Mesin (PCB) harus bersih, bebas dari korosi. Pada praktiknya terkadang korosi atau kotoran pada ponsel tidak dapat terlihat, maka sebelum anda melakukan reparasi yang lebih jauh lagi anda harus mencuci mesin / PCB dengan menggunakan Thiner atau larutan IPA menggunakan alat ultra sonic cleaner agar hasil pencucian sempurna.

6. Semua Interface mempunyai resistansi, bila tidak maka terdapat jalur yang putus, maka anda harus jumper (hubungkan kembali jalur yang putusnya).

7. Perbaiki dulu secara software, bila ponsel tidak dapat terdeteksi oleh UFS maka kerusakan ada pada secara Hardware. Teknik menditeksi seperti dibawah ini:
a. Gunakan program DCTx tools.
b. Koneksikan ponsel ke UFS tornado
c. Pilih type ponsel yang sesuai dengan type ponsel yang akan di deteksi.
d. Klik “Check”
e. DCTx tools akan menampilkan “1st Boot OK, WD2 / DCT4, UPP:0……”. Bila error maka
ponsel tidak dapat terdeteksi oleh DCTx tools, maka kerusakan masih secara Hardware.
(Bahasan perbaikan secara software dibahas pada BAB III)
8. Kerusakan mungkin saja diakibatkan kerena komponen-komponen internal seperti IC,
resistor, Kapasitor, dll tidak terhubung dengan baik kepada rangkaian. Pada praktiknya
anda tidak dapat melihat adanya komponen yang tidak terhubung dengan mata telanjang
sebab komponen-komponen ponsel sangat kecil sekali. Maka sebelum anda memutuskan
untuk mengganti Komponen internal lakukan terlebih dahulu langkah-langkah dibawahini:
a. Berikan secukupnya songka/flux kepada permukaan PCB dan komponen- komponen
intenal.
b. Panaskan menggunakan blower pada 350 c, pastikan di saat memanaskan timah-timah
yang melekat pada komponen internal mencair.
c. Bila ada terdapat IC yang menggunakan Lem di permukaan ICnya, maka anda tidak oleh
memanaskan terlalu lama, sebab akan mengakibatkan pecahnya timah BGA pada IC.


9. Bila sudah memenuhi sarat di atas ponsel masih tetap bermasalah maka anda lakukan langkah penggantian komponen internal.


SEKIAN DULU


OM BUDD

1 komentar:

ef mengatakan...

mo shar...