UFS 3 : CARA MEMILIH MCU,PPM DAN CNT DGN UFS

Ketika seorang pemula akan menggunakan UFS 3 untuk merepair Handphone, apa yang harus di lakukan setelah handphone, UFS 3, serta Laptop atau Computer tersambung, dan software UFS 3 juga telah mendeteksi handphone dengan baik, biasanya hal yang akan di lakukan adalah memilih files MCU dan PPM untuk handphone Nokia DCT3 dan WD2, atau MCU, PPM serta CNT untuk handphone Nokia DCT4. Ketika anda menginstal UFS 3, maka akan terdapat juga file firmware handphone.
Coba anda lihat pada file folder, misalnya penginstalan dilakukan pada
C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products di dalam folder products pilih salah satu misalnya Nokia 6100, NPL-2 anda lihat di dalam folder NPL-2 itu terdapat banyak files.
Nah bagaimana anda menentukan yang mana file MCU, yang mana PPM atau CNT. MCU adalah file utama hanphone, PPM adalah file bahasa, dan CNT adalah file gallery, ketiga file ini yang anda perlukan pada saat melakukan Repair handphone dengan UFS 3. Secara umum, biasanya para teknisi repair handphone, akan menetukan ketiga file ini dengan cara melihat ukuran file.
MCU pada umumnya memiliki ukuran file terbesar pertama dari file-file lainnya lalu di susul oleh file PPM file terbesar kedua.
lihat contoh di atas pada handhpone 6100 dengan code software NPL-2 file MCUnya adalah “npl2__06.010″ dengan size 5,303 KB. File terbesar kedua adalah PPM file bahasa dengan code = npl2__06.01w size 1,011 KB. Bagaimana cara menentukan CNT? CNT memiliki type “UCP” jadi semua file yang kelihatan type “UCP” adalah CNT. Tetepi tunggu dulu anda jangan langsung memilih salah satu file yang memiliki type UCP ini. Perhatikan pada file bahasa pada software UFS 3 anda lihat pada “Language packs” letaknya setelah UI Option terlihat tulisan “Language packs”. UFS 3 memiliki fasilitas ini agar anda dapat menentukan bahasa apa yang akan di gunakan pada handphone dengan memperlihat kan code bahasa. Terlihat pada software UFS 3 di bagian “Language packs” code basa untuk handphone Nokia 6100 adalah “W”. Coba anda perhatikan PPM code di atas, file PPM adalah file bahasa dengan code “npl2__06.01w” code “W” = bahasa Indonesia. Lihat gambar screen shot UFS 3 tentang cara menentukan Language packs berikut, perhatikan panah pada lingkaran merah: Setelah anda mengetahui code file bahasa serta menetukan pilihan bahasa pada software UFS 3 di bagian PPM file, andapun dapat dengan mudah menentukan mana file CNT atau gallery . Caranya ? File CNT memiliki type “UCP” setiap file CNT yang anda pilih harus sesuai dengan PPM. Artinya jika anda memilih bahasa Indonesia misalnya, pada software UFS 3 anda memilih handphone Nokia 6100, MCU = npl2__06.010, PPM = npl2__06.01w, CNT = npl2__06.01.ucp_mw1. Lihat CNT memiliki unsur “W”. Hal yang sama juga berlaku untuk seri handphone Nokia lainnya, contoh lain Nokia 6230, code software RH-12, terlihat code bahasa Indonesia pada kolom Language packs adalah “X” ini berarti CNTnya harus ada unsur huruf “X”. CNT untuk handphone 6230 = rh12_28_11005.50.ucp_x. Lihat gambar berikut: Pelajari dengan baik jangan kuatir jika terjadi kesalahan, andaikan terjadi kesalahan ulangi lagi dengan memilih file yang benar, jika hanya kesalahan software, UFS 3 dapat merepair handphone sampai normal kembali. jika anda mengalami kesulitan.

3 komentar:

JAGAD TAMAN mengatakan...

Aku tambah sedikit tau cara flash, info lain yg detail ku tunggu.. Pemula servis.. Mator thanks U.. Jagadcell/Wonogiri

Anonim mengatakan...

newbie bertambah ilmu dengan membaca blog om bud....terima kasih

modalsolder mengatakan...

makasih gan ilmunya,, sangat bermanfaat