NOKIA BB5 MATI TOTAL “CMT 1ST BOOT ERROR”

Sering kali kita mempunyai masalah Ponsel Nokia mati total, disaat kita “Check” muncul pesan Error “CMT 1st Boot Err: Bad Resp RAPx”. Pada dasarnya, permasalahan ini disebabkan karena RAP (Radio Application Proccesor) tidak bekerja. Tugas utama RAP adalah untuk memproses CMT (Cellular Mobile Telephone), pusat kendali utama Ponsel Nokia BB5 terlatak pada komponen ini, sudah pasti apabila komponen ini tidak bekerja maka Ponsel akan mati total.

Kita dapat mengetahui bekerja atau tidaknya RAP secara efektif dan efesien melalui flasher box, dengan fasilitas “Check” Flasher Box dapat melakukan Booting kepada RAP Ponsel tersebut. Sehingga apabila RAP tersebut tidak bekerja, maka secara otomatis Software Flasher akan menampilkan pesan error “CMT 1st Boot Err: Bad Resp RAPx,”.

Banyak sekali kemungkinan yang mengakibatkan permasalahan ini, Anda dapat melihat diagram dibawah ini, apabila dari salah satunya ada yang bermasalah maka proses Booting RAP akan gagal.

Agar RAP dapat Booting (bekerja), dibutuhkan syarat-syarat tertentu, diantarnya:

- VBAT, tegangan sebesar 3,7Volt, sebagai tegangan kerja RETU dan TAHVO.

- VCORE, tegangan sebesar 1,4Volt untuk tegangan/energy kerja Micro Proccesor yang tersimpan pada RAP.

- VIO, tegangan sebesar 1,8Volt untuk tegangan kerja Digital.

- PURX, tegangan sebesar 1,8Volt merupakan tegangan perintah / reset RAP3G agar dapat aktif.

- SleepX, tegangan sebesar 1.8Volt untuk menentukan status RAP3G pada Mode Sleep atau Aktif, status ini akan diteruskan kepada Retu agar tegangannya dapat “Low Consumtion”.

- RSTX, tegangan sebesar 3.7Volt (sama dengan tegangan Vbat) digunakan untuk tegangan perintah / Reset agar Tahvo dapat aktif. Tanpa RSTX maka tegangan VCORE tidak akan dapat dihasilkan oleh TAHVO.

- RF Clock, Denyut sebanyak 38,4Mhz untuk kebutuhan Digital Clocking. Clock ini dihasilkan oleh Oscilator VCTXO, kemudian diteruskan ke RF Proccesor HINKU.

- Int USB / FBUS, merupakan jalur akses data dari Box menuju RAP. Jalur data ini sebelum masuk ke RAP3G akan melewati TAHVO, tujuannya sebagai Level Shifter. Tentunya apabila TAHVO bermasalah maka Flasher Box tidak dapat mengakses RAP.

BERSAMBUNG……………

0 komentar: